Sabtu, 06 April 2019

Nepotisme


Nepotisme adalah suatu kegiatan yang mengutamakan atau memilih saudara atau teman akrab berdasarkan hubungannya.

Kata Nepotisme sudah tidak asing lagi terdengar di telinga masyarakat, bahkan praktiknya pun sudah kerap terjadi dalam kehidupan masyarakat di Indonesia. 
Contoh Nepotisme yang bergerak dalam bidang jasa di Indonesia, tidak mempertimbangkan keahlian-keahlian khusus dalam bidangnya, namun lebih memihak kepada sistem hubungan antara induvidu.

Di Indonesia Nepotisme lahir sejak 1990 masa pemerintah orde baru, yang hingga saat ini berkembang, dimana sistem Nepotisme yang tidak memenuhi kebijakan-kebijakan syarat ketentuan yang sesuai dengan pengrekrutan jasa tenaga pekerja di Indonesia. 
Nepotisme memiliki dampak buruk di bidang ekonomi ,yang berdampak melemahkan fondasi organisasi pada perekonomian secara keseluruhan pada kinerja kerja dalam organisasi, hal yang sama sudah terjadi di dalam birokrasi pemerintahan yang lebih mengistimewakan preferensi pribadi dalam ikatan darah, dan dari tindakan amoral seperti ini dapat merugikan sendi-sendi kebersamaan dalam mencapai tujuan nasional, merusak struktur pemerintahan dan penghambat dalam suatu pembangunan.
Di Indonesia Nepotisme berpraktik korupsi sangat merajalela menjadi "Benalu Sosial ''yang tidak berkeadilan.
.
Dalam bentuk penyadaran Untuk membebaskan kewibawaan Administrasi dan keadilan dalam pengrekrutan tenaga kerja dengan melakukan kegiatan Open Recrutment harus sesuai dengan peraturan yang tertertera.

Sistem pemerintahan yang demokratis dengan kedaulatan yang berada ditangan rakyat, masalah "Nepotisme"  adalah pelanggaran hukum. Hal tersebut tercantum dan diatur secara tegas dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 1999 Tentang Penyelengaraan Negara Yang Bersih dan Bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme.

Penulis : @_ririnsyrr05 

Ilustrasi : Kompasiana.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar